Okay, this is my second post in 2020. After a long time I'm not wrote something here, cause so many things passed me by, I feel that I have to take a rest for a moment. Lama banget rasanya ninggalin blog ini, apalagi blog sebelah yang udah kayak nggak keurus. Serius, belum kepikiran lagi buat nulis soal hati. Sebenarnya, gue tetap menulis. Selama self quarantine ini kegiatan gue tuh kalau nggak nonton film, ya nulis. Walaupun nggak ada tulisan yang diposting sih. Apalagi fanfict di wattpad, cukup untuk konsumsi receh pribadi aja. Karena kebetulan gue receh, jadi ya walaupun tulisan FF gue garing, tetap aja ketawa-ketawa. Nggak paham sih kenapa bisa begitu. Gue juga bingung. Oh iya, selain kedua kegiatan tadi, ada kegiatan lain yang emang selalu berhasil bikin gue jatuh cinta. Rebahan. Siapa sih yang nggak suka rebahan? Pasti pada suka kan ya:) Gue ngerasa, selama di rumah aja tuh jadi makin kebo, makin males mandi, bahkan sampai seharian nggak mandi sama sekali, tapi sikat gigi masih kok. Nggak heran gue sering dikatain jorok sama orang rumah, karena ya emang benar adanya. Kalau nggak ke mana-mana tuh males banget buat mandi. Kayak rugi buang-buang aer:) padahal buat bersihin badan. Tidak untuk ditiru ya kawan:')
Ok, gue rasa udah cukup curhatnya. Lanjut ke pembahasan. Yet, I don't know what should I write. But, just let it flow.
Di sini, gue cuma mau ngobrolin soal keluh kesah sebagai seorang murid di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan. Apa yang mau gue bahas? Tugas dan guru. Kenapa kudu tugas yang dibahas? Karena gue semakin enek. Walaupun tugas seabrek itu udah kelar semua sebelum perintah untuk di rumah aja diberlakuin. Dan kenapa guru? Liat aja nanti.
Sebenarnya, kalau sekolah tapi nggak ada tugas tuh kayak kurang sensasinya kali ya. Jadi ngerjain tugas udah jadi kerjaan tambahan murid selain belajar. Ada hal-hal yang gue perhatiin dari hari-hari yang gue (dan teman-teman lainnya) lalui; tugas ternyata nggak selamanya bikin murid ngerti. Iya, gue sebagai orang yang mengerjakan tugas segitu banyak, ngerasa heran sendiri dan ngerasa kalau tugas yang bejibun kayak gitu tuh nggak terlalu berpengaruh dengan pemahaman gue terhadap mata pelajaran tersebut. Mungkin dulu, pas SD, gue masih ngerasa baik-baik aja kalau dikasih tugas sebanyak itu. Tapi makin ke sini, gue lihat adik gue yang kebetulan SD, dan melihat ke arah diri gue yang terlalu dipusingkan dengan segenap PR, jadi protes.
Melihat adik gue. Tiap hari kerjaannya ngerjain PR, banyak banget, tapi dia sama sekali nggak ngerti dengan apa yang dia kerjain. Sementara gurunya mungkin mikir; kasih aja PR biar anak-anak bisa lebih paham. Which is itu nggak salah sama sekali. Tapi agak kurang setuju juga kalau PR yang dikasih kebanyakan. Bukan maksud gue nggak setuju dengan keberadaan PR, cuma ya kira-kira ajalah kalau ngasih tugas.
Sekarang lagi musimnya COVID-19. Dan pembelajaran jadi berbasis online. Adik gue juga yang SD, melakukan hal yang sama, ngerjain tugas onlennya. Hampir tiap hari gue ngajarin dan bantu dia buat ngerjain soal-soal yang dikasih gurunya. Mungkin emang udah kurikulumnya, tapi kalau boleh jujur, soal-soal yang dikerjain adik gue kayak bukan porsinya dia. Mana nggak ada materi yang bisa ngejelasin secara rinci. Pernah di satu waktu, gue iseng nanya ke dia;
' Dek, tugasnya suka diperiksa sama guru nggak? '
' Kadang, Kak. Tapi suka kesal kalau udah ngerjain banyak, tapi malah cuma diparaf aja sama gurunya. '
Gue sih yang denger jawabannya cuma bisa ngangguk-ngangguk doang. Btw, hal ini juga sih yang bikin gue bertanya-tanya. Maksudnya apa, ngasih tugas tapi nggak diperiksa? Oke lah, mungkin maksud gurunya, dinilai aja dulu, terus ntar dibahas bareng-bareng. Lah kalau yang nggak? Buku dikumpulin di meja guru, dibuka, paraf, liat nama, masukin ke daftar nilai, dan dibagiin lagi ke murid dan dia lanjut ke materi lain dalam keadaan beberapa murid belum mengerti apa-apa dengan materi sebelumnya.
Dulu, gue pernah berada di posisi sebagai murid yang bisa dibilang paling bego di kelas, dan kebodohan gue sudah diakui secara paten sama guru, karena ada salah satu guru yang nyebut gue belet. Setiap kali dites perkalian ke depan, gue selalu mentok di 2 x 5, karena kebetulan waktu itu ditesnya perkalian 2. Se-bego itu gue dulu. Dan bukannya dikasih tahu ketika gue salah, guru yang ngajarin gue malah marah-marah. Ini bener-bener marah, matanya melotot, intonasi bicaranya sangat tinggi, dengan suaranya yang agak berat. Setelahnya, gue ketakutan buat belajar lagi sama guru itu, terlebih di mata pelajaran matematika, karena emang begonya awet sampe sekarang. Yang gue rasain setiap mau pergi sekolah itu cuma takut, takut, dan takut. Kepikiran gue ke mana-mana setiap kali gue melihat guru itu datang ke kelas. Apalagi pas dia ngejelasin matematika dan milih beberapa murid utuk maju ke depan dan ngerjain soal yang dia tulis di papan tulis. Doa gue cuma satu waktu itu; Semoga guru itu nggak ngeliat dan milih aku. Gelap banget deh masa SD gue, makanya gue benci.
Memang benar, bahwa nggak semua guru kayak gitu. Dan gue sangat mengapresiasi guru yang sabar. Sabar yang gue maksud bukanlah guru yang kerjanya diem aja ketika ada murid yang ngeyel kalau disuruh ngumpulin tugas, bukan juga guru yang tetep bersikap seolah tidak terjadi apa-apa ketika ada muridnya yang kurang ajar. Gue suka salut sama guru yang dengan berani menegur murid brengsek. Dan gue juga suka greget sama guru yang walaupun muridnya udah ngomong hal yang nggak sopan, tapi masih biasa-biasa aja. Terkadang murid kurang ajar tuh kudu dikasih pelajaran:')
Dari sekian banyak bacotan yang udah gue tulis, intinya sih 1, menghargai. Di balik tugas-tugas onlen murid yang menumpuk, ada guru yang belajar lebih keras untuk bisa memahami cara pakai aplikasi yang digunakannya untuk membagikan ilmu selama kegiatan belajar jarak jauh. Di balik nilai-nilai jelek murid, ada murid yang udah berusaha untuk belajar dan minta diajari, walaupun mungkin dari sekian banyaknya soal, yang berhasil diisi nggak lebih dari setengahnya. Di balik guru yang galak, ada keinginan dari seorang guru yang ingin membuat muridnya jadi bisa. Di balik guru yang menegur, ada rasa untuk ingin mendidik anak muridnya supaya mengerti bagaimana caranya bersikap. Di balik diamnya guru, ada harapan agar suatu hari murid itu akan sadar dan bisa jadi orang yang lebih baik. Pokoknya, ada doa yang nggak pernah lepas dari guru-guru, yaitu mendoakan semua anak didiknya agar jadi orang yang bermanfaat buat dunia.

Komentar
Posting Komentar